Pengertian, Fungsi dan Macam-Macam Topologi Jaringan

Topologi jaringan - Topologi jaringan adalah desain yang akan dibuat dalam jaringan komputer atau cara untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain untuk membentuk jaringan. Jadi sangat penting untuk menentukan topologi jaringan sebelum membangun jaringan, karena topologi kita dapat mengetahui model jaringan yang ingin kita bangun
 
Topologi Jaringan
Sumber: wordpress
 

Pengertian Topologi Jaringan

 
Topologi Jaringan komputer telekomunikasi juga dapat diartikan sebagai sarana menghubungkan peralatan telekomunikasi untuk membentuk jaringan. Jaringan-jaringan ini akan berinteraksi untuk membentuk komunikasi data.

Fungsi Topologi Jaringan Komputer


Topologi jaringan komputer menentukan bagaimana setiap komputer atau host dalam jaringan komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

Jenis topologi jaringan


Banyak topologi yang sering digunakan dalam jaringan komputer meliputi:
 
  • Topologi jaringan bus adalah topologi yang menggunakan satu kabel untuk menghubungkan semua komputer, baik server dan klien. Topologi ini sangat sederhana tetapi jarang digunakan pada tahap ini karena kesalahan sering terjadi ketika lalu lintas data sangat padat.
  • Topologi Token Ring (topologi ring), topologi ini memiliki bentuk lingkaran khusus untuk menghubungkan klien ke server sehingga setiap server atau klien menerima dan mengirimkan informasi dari satu komputer ke komputer lainnya.
  • Topologi bintang adalah topologi yang paling sering digunakan karena, selain mengidentifikasi masalah topologi jaringan, ini juga merupakan yang paling efisien, topologi ini dihubungkan antara server dan komputer klien melalui hub atau sebuah saklar antara, jadi jika satu komputer memiliki masalah, yang lain tidak akan terganggu.
  • Sebagai topologi peer-to-peer, topologi ini adalah topologi pasif sederhana dalam jaringan komputer karena topologi ini biasanya hanya menghubungkan dua perangkat komputer. Misalnya, koneksi antara laptop dan laptop yang terhubung ke kabel jaringan.

Setiap topologi jaringan komputer memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, sebelum membuat jaringan komputer, Anda perlu membuat jaringan komputer LAN di kantor, membuat jaringan di sekolah, atau jaringan. jaringan di tempat kerja, pertama-tama kita harus mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan dari setiap topologi jaringan yang ada.

Postingan populer dari blog ini

Film Anak Terfavorit Frozen 2

Yuk Lebih Dekat Dengan BPJS Kesehatan